Minggu, 25 Maret 2018

Berlatih Menantang Hidup

-->
“Think continually about what you want, not about the things you fear”
~Brian Tracy

Jika sebelumnya diulas tentang mengelola waktu, tentang Empati serta keberanian meminta bantuan, dan tentang kenapa kemampuan Mendengar begitu diperlukan, berikut disajikan Tips agar sukses menantang hidup.

1. Uruslah Urusanmu Sendiri:
Ini sulit! Mungkin inilah yang tersulit untuk dikuasai apalagi kita senang dan telah terbiasa ikut campur urusan orang - walau jika itu membuat kita kehilangan waktu.

Sepertinya berat untuk tidak ikut campur urusan orang, kita seolah punya libido hasrat tinggi mencampuri urusan orang. Ketika diingatkan, semua berdalih bahwa akan lebih mengkhawatirkan - jika kita tak tahu tentang apa itu urusannya.

Mencengangkan!

Bahkan tanpa diminta kita terdorong untuk mengkoreksi orang lain walau itu akan menimbulkan pertengkaran, tetap saja kita mengulanginya. Entah karena merasa lebih tahu atau merasa diri lebih baik atau mungkin bosan dengan urusan sendiri. Tak jelas!

Serasa puas – bila ikut campur. Dan kita tak mau mengaku, tetapi nafsu ikut campur urusan orang lain seolah melekat merata bak perilaku.

Mungkin karena kita merasa ikut bertanggungjawab atas keberlangsungan kehidupan semesta jagad raya ini hingga terpanggil ikut campur, meski terkadang malah tambah runyam, tetapi setidaknya telah ikut turut campur.

Dan tiap orang selalu memberi saran - Jangan ikut campur!

2. Jangan Larut Dalam Gosip:
Gosip seolah sudah mendarah daging. Tidak pejabat, penguasa atau pengusaha apalagi anggota rumah tangga bahkan antar rukun tetangga semua suka - seolah santapan rohani bagi kita semua.

Meski sulit tetapi penting untuk bisa menahan diri, jangan ikut latah.

Diduga banyak kekacauan timbul karena gosip, banyak yang rugi bahkan tragedi peperangan patut diduga bermula dari gosip juga. Walau enggan mengaku namun semua senang jika diajak ikut gosip.

Dan tulisan ini pun mungkin diangkat karena si penulis diikutkan membahas gosip tentang kesuksesan seseorang. Tak apalah jika diduga begitu pula!

Serasa haus untuk ikut bicara, serasa merasa takut ada informasi yang luput jika tak ikut. Walau kebenarannya diragukan tetapi takut jika dianggap engga Gaul – apalagi jika itu  sedang viral di sosmed.

Jika bisa, jangan sampai larut karenanya!

3. Berani Bertanggungjawab:
Orang enggan untuk mau bertanggungjawab atas sesuatu peristiwa. Umumnya karena tergoda pemikiran negatif, semua terbiasa “overthink” dan cenderung memikirkan yang rusak dan negatif - yang belum pasti terjadi.

Kita tidak sadar bahwa kita itu tengah merusak kemampuan kita untuk bisa menikmati masa-masa saat sekarang. Luput akan berbagai kesenangan yang tersedia dimasa sekarang hanya karena takut akan sesuatu – sesuatu dimasa depan. Walau kita ragu akan bagaimana itu – nantinya?

Kita perlu menguasai diri dengan cara memikul tanggungjawab atas ekses dari buah pemikiran kita - dimasa mendatang. Hanya itu yang terbaik untuk membuktikan bahwa kita siap untuk sukses.

Dan itu adalah pilihan kita sendiri.

Pernah ada kejadian lucu. Ada seseorang yang menolak bertanggungjawab atas pembengkakan biaya yang terjadi sebagai ekses dari ide gagasan pemikirannya. Tetapi kemudian menuntut balik ‘bahwa itu adalah prestasi pribadinya’ - demi melihat hasil akhir yang mengagumkan.

Ketahuilah, hidup adalah pengulangan. Bagaimana kita disaat sekarang ini, itu adalah produk kita dimasa lalu, dan pengalaman dimasa lalu kita adalah benar sedemikian itu – dan itu adalah pilihan kita.

Meskipun masa lalu tidak selalu menjadi penentu bagaimana kita dimasa depan, apalagi tiap masa mengusung sendiri perubahannya dan tiap perubahan cenderung berubah mengubah sendiri perubahan dirinya, tetapi jangan sampai kita luput mewarnai masa disaat sekarang ini untuk nanti - dipetik dimasa mendatang.

Pikirkanlah yang dimaui bukan yang ditakutkan!

Bagaimanapun kita kompeten untuk itu!

"Each of us wants to be part of something bigger than ourselves. Call it purpose, destiny or a simple desire to get beyond the insufficiencies of our current existence. An individual's yearning to reach outside his life is a seed of greatness waiting for a stream of inspiration. Carving that stream to people's hearts is a simpler task if the endeavor you are leading them into is attached to a bigger story."
~Mac Anderson & Tom Feltenstein

~salam berlatih!






JoinMySFITeam
 

Terbaru

ANDAI KITA PAHAM MAKNA KATA LUAR BIASA TAKUT

“ Perseverance is the hard work you do after you get tired of doing the hard work you already did.” ~Newt Gingrich Akhirnya Anda telah ...